Training Audit SMK3 Sertifikasi

DESKRIPSI TRAINING
Salah satu manfaat dari penerapan sistem manajemen adalah sistem yang dapat diukur dan diverifikasi sehingga dapat diketahui sampai seberapa jauh keberhasilan dalam penerapan system tersebut. Untuk pembuktian penerapan SMK3 di perusahaan perlu dilakukan audit SMK3. Audit SMK3 dilakukan terhadap elemen-elemen dan kriteria-kriteria audit SMK3 yang ada.
Audit SMK3 adalah proses yg dilakukan sistematik, independen dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan mengevaluasinya secara objektif untuk menentukan sampai sejauh mana kriteria audit dipenuhi. Standar Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dimaksudkan untuk melindungi pekerja dari kemungkinan sakit karena pekerjaan dan dari kecelakaan kerja. Agar penerapannya berjalan efektif, maka secara periodik perlu dilakukan efektivitasnya melalui audit internal dan tinjauan manajemen. Dari hasil audit SMK3 akan dapat diperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang status mutu pelaksanaan K3 yang selanjutnya dapat digunakan untuk perbaikan yang berkelanjutan

TUJUAN TRAINING
Tujuan utama training  SMK3 adalah memberikan pemahaman suatu sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, tenaga kerja, kondisi dan lingkungan kerja yang terintegrasi dalam rangka mencegah dan mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, serta terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif. Training dapat dilaksanakan in-house atau terbuka.

Setelah mengikuti training peserta mampu :
•    Memenuhi kriteria Permenaker 05/Men/1996.
•    Menjadi auditor internal SMK3 yang kompeten dan professional yang mampu melaksanakan audit penerapan SMK3 di perusahaan.
•    Berpotensi menjadi auditor eksternal
•    Mengerti dan memahami Prinsip-prinsip, elemen-elemen dan Kriteria SMK3
•    Merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan dan melaporkan hasil internal audit SMK3
•    Mengumpulkan, menganalisa dan verifikasi bukt audit serta mengkomunikasikan hasil observasi yang signifikan untuk ditindaklanjuti.
•    Mengevaluasi pemenuhan peraturan perundangan K3
•    Menjelaskan secara rational dukungan dalam penerapan SMK3
•    Mengerti dan memahami peran auditor dan lead auditor dalam melaksanakan audit SMK3
•    Mengenal pembinaan dan pengawasan K3 ditingkat perusahaan, Nasional dan Internasional.
•    Mengidentifikasi objek Pengawasan K3
•    Mengetahui Persyaratan dan pemenuhan tehadap peraturan perundangan di tempat kerja.
•    Mengetahui persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja.
•    Mengetahui proses audit dan ruang lingkupnya untuk mengukur tingkat pencapaian
•    Melakukan Tindakan Pertolongan Pertama Kecelakaan Listrik

MANFAAT TRAINING
1.    Mendapat pengakuan sebagai auditor internal yang telah tersertifikasi  Depnakertrans;
2.    Dapat melakukan evaluasi terhadap tim auditor internal.

MATERI TRAINING
•    Peraturan Perundangan K3
–    Kebijakan Pengaas K3
–    Kebijakan SMK3
•    Prinsip-Prinsip SMK3
•    Tugas dan Fungsi Auditor SMK3
•    Wewenang, keajiban, dan jenjang karir Auditor SMK3
•    Badan Audit SMK3
•    Elemen-Elemen dan kriteria Audit SMK3
•    Mekanisme & Sitematika Pelaksanaan Audit SMK3
•    Metode dan Teknik Audit SMK3
1.    Pembangunan & Pemeliharaan Komitmen
2.    Strategi Pendokumentasian
3.    Peninjauan Ulang Perancangan (design) & Kontrak
4.    Pengendalian Dokumen
5.    Pembelian
6.    Keamanan Bekerja berdasarkan SMK3
7.    Standar Pemantauan
8.    Penyusunan Laporan & Tindak Lanjut (Perbaikan kekurangan)
9.    Pengelolaan Material & Perpindahannya
10.    Pengumpulan & Penggunaaan Data
11.    Audit SMK3
12.    Pengembangan Keterampilan & Kemampuan
•    Instrumen Audit SMK3
•    Rencana Tahunan Audit (RTA)
Hubungan Fungsional Auditor SMK3 dengan Pengawas Ketenagakerjaan dan Ahli K3

INSTRUKTUR TRAINING
Instruktur pelatihantraining  ini akan disampaikan oleh tenaga ahli K3 dari Depnakertrans RI

PESERTA TRAINING
Operation/Production Manager, HRD Manager, Training and Development Manager, Management Representative (MR), Superintendent/Supervisor, Para Praktisi K-3, Dan semua yang terkait dalam pengembangan K-3 di perusahaan

WAKTU & TEMPAT TRAINING
Tanggal :  20-22 Agustus 2013
08.00 – 16.00 WIB

Venue : Yogyakarta

In House Training: Depend on request

INFORMASI TRAINING
Phone         :  0274 – 7197506
Fax            :  (0274) 4531082
Contact Person     :  AYU  (081393910338 / 087838586018)
Email          :  ayu.primasindo@gmail.com
Website     : http://www.primasindo.com
PIN BB        : 313602E5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s